Arahan Kemendikbud kepada Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2023

Berita146 Dilihat

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) telah mengeluarkan surat edaran Nomor 1808/B2/GT.00.02/2023 tentang arahan bagi calon mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2023. Surat edaran tersebut disampaikan kepada calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Dalam surat edaran tersebut, Kemdikbud menyampaikan beberapa hal kepada calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II, antara lain:

  • Calon mahasiswa dapat melihat penempatan di perguruan tinggi mana akan ditempatkan melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.
  • Calon mahasiswa diharuskan melakukan konfirmasi kesediaan mulai tanggal 7 September hingga 11 September 2023.
  • Konfirmasi kesediaan bertujuan untuk memperjelas peserta mana yang akan mengikuti PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2023 ini karena adanya peserta cadangan.

Berikut adalah jadwal rinci peserta calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2023:

  1. Konfirmasi Kesediaan (secara daring di aplikasi SIMPKB): 7 sampai 11 September 2023.
  2. Penetapan Calon Mahasiswa: 14 September 2023.
  3. Lapor Diri (secara daring melalui aplikasi masing-masing Perguruan Tinggi penyelenggara PPG): 15 sampai 16 September 2023.
  4. Orientasi Mahasiswa (secara daring melalui masing-masing Perguruan Tinggi penyelenggara PPG): 18 September 2023.
  5. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan dilakukan secara daring: 19 September sampai 28 November 2023.
  6. Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG): 30 November sampai 10 Desember 2023.

Penjelasan lebih rinci untuk poin-poin tersebut adalah sebagai berikut:

1. Konfirmasi Kesediaan

Konfirmasi kesediaan adalah proses yang dilakukan oleh calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II untuk menyatakan kesediaannya mengikuti program PPG Dalam Jabatan. Konfirmasi kesediaan dilakukan secara daring melalui aplikasi SIMPKB.

Untuk melakukan konfirmasi kesediaan, calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke aplikasi SIMPKB menggunakan akun SIMPKB masing-masing.
  2. Klik menu “PPG Dalam Jabatan”.
  3. Klik tombol “Konfirmasi Kesediaan”.
  4. Isi data sesuai dengan yang tertera pada layar.
  5. Klik tombol “Konfirmasi”.

Apabila calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II tidak melakukan konfirmasi kesediaan pada waktu yang telah ditentukan, maka calon mahasiswa tersebut akan dinyatakan tidak lulus seleksi.

2. Penetapan Calon Mahasiswa

Penetapan calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II dilakukan oleh Kemdikbud berdasarkan hasil konfirmasi kesediaan. Calon mahasiswa yang telah melakukan konfirmasi kesediaan akan ditetapkan sebagai calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II.

3. Lapor Diri

Lapor diri adalah proses yang dilakukan oleh calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa PPG Dalam Jabatan. Lapor diri dilakukan secara daring melalui aplikasi masing-masing perguruan tinggi penyelenggara PPG.

Untuk melakukan lapor diri, calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke aplikasi SIMPKB menggunakan akun SIMPKB masing-masing.
  2. Klik menu “PPG Dalam Jabatan”.
  3. Klik tombol “Lapor Diri”.
  4. Isi data sesuai dengan yang tertera pada layar.
  5. Klik tombol “Lapor Diri”.

4. Orientasi Mahasiswa

Orientasi mahasiswa adalah kegiatan yang dilakukan oleh perguruan tinggi penyelenggara PPG untuk memberikan informasi dan penjelasan kepada calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II tentang pelaksanaan program PPG Dalam Jabatan. Orientasi mahasiswa dilakukan secara daring melalui masing-masing perguruan tinggi penyelenggara PPG.

5. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan

Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan dilakukan secara daring melalui aplikasi yang disediakan oleh perguruan tinggi penyelenggara PPG. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan meliputi kegiatan perkuliahan, praktik mengajar, dan penilaian.

6. Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG)

UKMPPG adalah ujian yang bertujuan untuk mengukur kompetensi mahasiswa PPG Dalam Jabatan dalam menguasai materi pembelajaran, pedagogik, profesional, dan kepribadian. UKMPPG dilaksanakan secara daring pada akhir pelaksanaan PPG Dalam Jabatan.

UKMPPG terdiri dari dua mata ujian, yaitu:

  • Ujian Kompetensi Pedagogik (UKP)
  • Ujian Kompetensi Profesional (UKP)

UKP bertujuan untuk mengukur kompetensi mahasiswa PPG Dalam Jabatan dalam menguasai materi pembelajaran dan pedagogik. UKP terdiri dari 100 soal pilihan ganda dan 20 soal uraian.

UKP bertujuan untuk mengukur kompetensi mahasiswa PPG Dalam Jabatan dalam menguasai materi pembelajaran dan pedagogik. UKP terdiri dari 100 soal pilihan ganda dan 20 soal uraian.

Tips bagi calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2023:

  • Pastikan Anda telah memiliki akun SIMPKB. Jika belum, Anda dapat membuat akun melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.
  • Cek kembali data pribadi dan data sekolah Anda di akun SIMPKB. Pastikan data Anda sudah benar dan lengkap.
  • Lakukan konfirmasi kesediaan pada waktu yang telah ditentukan. Konfirmasi kesediaan dapat dilakukan melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.
  • Persiapkan diri untuk mengikuti proses seleksi dan pelaksanaan program PPG Dalam Jabatan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2023 untuk mempersiapkan diri mengikuti proses seleksi dan pelaksanaan program PPG Dalam Jabatan:

  • Persiapkan materi pembelajaran dan pedagogik

Calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2023 dapat mempersiapkan materi pembelajaran dan pedagogik dengan cara membaca buku-buku dan artikel tentang materi pembelajaran dan pedagogik. Selain itu, calon mahasiswa juga dapat mengikuti pelatihan atau workshop tentang materi pembelajaran dan pedagogik.

  • Latihan soal UKMPPG

Calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2023 dapat berlatih soal UKMPPG dengan menggunakan soal-soal latihan yang tersedia di internet atau di aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh lembaga-lembaga pendidikan. Latihan soal UKMPPG dapat membantu calon mahasiswa untuk memahami materi dan pola soal UKMPPG.

  • Persiapkan mental dan fisik

Program PPG Dalam Jabatan adalah program yang cukup berat. Calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2023 perlu mempersiapkan mental dan fisik untuk mengikuti program ini. Calon mahasiswa dapat mempersiapkan mental dan fisik dengan cara menjaga pola hidup sehat dan mengatur waktu dengan baik.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *