Jokowi Bidik Prestasi Gemilang: Kontingen RI Siap Kejar Posisi 10 Besar di Asian Games China

Berita104 Dilihat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberangkatkan kontingen Indonesia untuk berlaga di Asian Games 2022 yang diselenggarakan di Hangzhou, China. Dalam pelepasan ini, Jokowi memiliki target ambisius, yaitu menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari 10 besar negara peserta.

Upacara pelepasan kontingen Indonesia ini berlangsung meriah di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (19/9/2023). Total terdapat 576 anggota dalam kontingen Indonesia yang akan mewakili negara dalam Asian Games 2022.

Dalam pidatonya, Jokowi mengungkapkan harapannya, “Saat Asian Games digelar di Jakarta, kita berhasil mencapai peringkat keempat. Meskipun Menteri Pemuda dan Olahraga menghitung kemungkinan kita berada di peringkat 12, bagi saya itu terlalu rendah. Oleh karena itu, saya ingin melihat Indonesia masuk dalam 10 besar.”

Jokowi percaya sepenuhnya bahwa kontingen Indonesia memiliki potensi untuk mencapai target tersebut. Dia juga berharap para atlet Indonesia dapat meraih banyak kemenangan dan medali emas.

“Menjadi tuan rumah dan bukan tuan rumah memiliki perbedaan yang besar, saya mengerti itu. Oleh karena itu, target saya adalah masuk dalam 10 besar. Biasanya, perhitungan saya tidak meleset. Saya berharap untuk melihat prestasi-prestasi dan memenangkan medali emas sebanyak mungkin atas nama rakyat, bangsa, dan negara kita,” tambahnya.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo menjelaskan bahwa dari total 576 anggota kontingen Indonesia yang berangkat ke Hangzhou, terdapat 413 atlet, 132 ofisial, dan 28 tim Chef de Mission (CdM). Mereka akan berpartisipasi dalam 30 dari 40 cabang olahraga yang tersedia di Asian Games.

Dito juga menyampaikan bahwa sejumlah anggota kontingen, termasuk 78 atlet dan ofisial, telah berangkat ke China. Sementara itu, 110 atlet dan ofisial lainnya masih menjalani pemusatan latihan di luar negeri, sementara 360 atlet dan ofisial lainnya berada di Indonesia. Ada delapan cabang olahraga yang masih menjalankan pemusatan latihan di luar negeri, termasuk panahan, atletik kano, cycling BMX, judo, rowing, taekwondo, dan wushu.

“Selain itu, lima cabang olahraga sudah berangkat lebih awal dan siap untuk bertanding, seperti sepak bola, kriket, modern pentathlon, voli indoor, dan beach volley. Semoga kehadiran mereka dapat memotivasi semua cabang olahraga dan membawa kebanggaan bagi kontingen Indonesia,” tambah Dito.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *