Israel dan Palestina Sepakat untuk Membuka Perlintasan Perbatasan Rafah

Internasional77 Dilihat

koarnews.com, medan – Israel dan Palestina telah sepakat untuk membuka perlintasan perbatasan Rafah pada hari ini, Senin (20/10/2023). Kesepakatan ini merupakan bagian dari gencatan senjata yang dicapai antara kedua belah pihak pada tanggal 17 Oktober 2023.

Perlintasan perbatasan Rafah adalah satu-satunya jalur resmi yang menghubungkan Jalur Gaza dengan dunia luar. Perlintasan ini telah ditutup oleh Israel selama lebih dari satu dekade, dan telah menyebabkan kesulitan bagi warga Palestina di Gaza untuk mengakses bantuan kemanusiaan, pendidikan, dan perawatan kesehatan.

Kesepakatan untuk membuka perlintasan perbatasan Rafah disambut baik oleh masyarakat internasional. PBB telah mengatakan bahwa kesepakatan ini merupakan langkah penting untuk mengurangi penderitaan warga sipil di Gaza.

Kesepakatan ini juga merupakan kemenangan bagi Hamas, yang telah menuntut pembukaan perlintasan perbatasan Rafah sebagai bagian dari gencatan senjata.

Perlintasan perbatasan Rafah akan dibuka secara bertahap. Pada tahap awal, perlintasan ini akan dibuka untuk warga Palestina yang membutuhkan bantuan kemanusiaan. Pada tahap selanjutnya, perlintasan ini akan dibuka untuk semua warga Palestina.

Masyarakat internasional berharap bahwa pembukaan perlintasan perbatasan Rafah dapat membantu mengurangi ketegangan antara Israel dan Palestina, dan dapat membawa perdamaian bagi kedua belah pihak.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *