Konflik Papua Memanas, KKB Tembak Mati Anggota TNI

Berita, Kriminal164 Dilihat

KOARNEWS – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang mengatasnamakan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengakui bahwa mereka telah menembak mati satu anggota TNI di Papua. Pengakuan tersebut diungkapkan oleh pihak yang mengaku Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB dalam sebuah postingan di akun media sosial pada 28 Oktober 2023.

Dalam postingan tersebut, pihak KKB menyebut bahwa penembakan terhadap anggota TNI tersebut dilakukan sebagai balasan atas pembantaian tujuh pendulang emas di Intan Jaya, Papua, pada 22 Oktober 2023.

“Kami telah menembak mati satu anggota TNI di Puncak Jaya, Papua, sebagai balasan atas pembantaian tujuh pendulang emas di Intan Jaya,” kata pihak KKB dalam postingan tersebut.

Postingan video tersebut juga menyertakan foto korban yang diduga merupakan anggota TNI. Namun, TNI belum memberikan konfirmasi terkait kebenaran informasi tersebut.

Pembantaian tujuh pendulang emas di Intan Jaya terjadi pada 22 Oktober 2023. Dalam peristiwa tersebut, tujuh pendulang emas tewas ditembak oleh KKB.

Pemerintah Indonesia telah mengecam keras aksi KKB tersebut. Presiden Joko Widodo meminta aparat keamanan untuk menindak tegas KKB.

Perang di Papua Terus Berlanjut

Aksi kekerasan yang dilakukan oleh KKB di Papua terus berlanjut. Pada 28 Oktober 2023, KKB juga menyerang sebuah pos TNI di Distrik Ilaga, Puncak, Papua. Dalam peristiwa tersebut, dua anggota TNI terluka.

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan konflik di Papua. Namun, upaya tersebut belum membuahkan hasil.

Pemerintah Indonesia dan KKB telah beberapa kali melakukan dialog untuk mencari solusi damai. Namun, dialog tersebut selalu gagal.

Pemerintah Indonesia juga telah meningkatkan operasi militer untuk menumpas KKB. Namun, operasi militer tersebut juga tidak berhasil menghentikan aksi kekerasan KKB.(MIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *