Pneumonia Misterius Melanda Belanda, Kekhawatiran Dunia

Berita, Health, Kesehatan143 Dilihat

KOARNEWS – Kasus pneumonia misterius pada anak-anak di Tiongkok China baru-baru ini juga ditemukan Pneumonia melanda Belanda. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat dunia, mengingat pneumonia merupakan penyakit yang dapat mengancam jiwa.

Di Tiongkok, kasus pneumonia misterius pertama kali dilaporkan pada akhir November 2023. Rumah sakit anak di Beijing dan provinsi Liaoning dilaporkan dipenuhi oleh anak-anak yang datang dengan gejala pneumonia.

Gejala-gejala pneumonia misterius ini antara lain demam, batuk, sesak napas, dan kelelahan. Beberapa anak juga mengalami diare, muntah, dan sakit perut.

Hingga saat ini, penyebab pneumonia misterius ini masih belum diketahui. Namun, para ahli menduga bahwa penyakit ini disebabkan oleh virus.

Pneumonia melanda Belanda pertama kali dilaporkan pada 16 November 2023. Institut Penelitian Layanan Kesehatan Belanda (NIVEL) melaporkan bahwa jumlah kasus pneumonia pada anak-anak di Belanda meningkat secara signifikan dalam beberapa minggu terakhir.

Menurut NIVEL, jumlah kasus pneumonia pada anak-anak berusia 5-14 tahun meningkat dari 80 dari setiap 100 ribu anak pada minggu 13-19 November menjadi 103 dari setiap 100 ribu anak pada minggu 20-26 November.

Kasus pneumonia misterius ini juga dilaporkan telah menyebar ke beberapa negara lain, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang. Namun, jumlah kasus di negara-negara tersebut masih relatif kecil.

Pemerintah Indonesia belum melaporkan adanya kasus pneumonia misterius pada anak-anak di Tanah Air. Namun, Kementerian Kesehatan telah melakukan pemantauan dan penyelidikan terhadap kasus ini.

Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan anak-anak. Masyarakat juga disarankan untuk memberikan vaksinasi lengkap kepada anak-anak untuk melindungi mereka dari berbagai penyakit, termasuk pneumonia dikarenakan kasus pneumonia melanda Belanda terakhir.(MIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *