Harga Emas Melambung, Naik Rp15.000 Dari Harga Sebelumnya

Berita128 Dilihat

KOARNEWS – Harga emas melambung tinggi 24 karat PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam kembali memecahkan rekor tertingginya pada perdagangan hari ini, Senin (4/12/2023). Harga emas Antam untuk ukuran 1 gram kini mencapai Rp1.145.000, naik Rp15.000 dari harga kemarin.

Kenaikan harga emas Antam kali ini merupakan yang kesekian kalinya dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, harga emas Antam telah memecahkan rekor tertinggi sebanyak empat kali, yakni pada 23 Maret 2023 (Rp1.096.000 per gram), 19 Oktober 2023 (Rp1.100.000 per gram), 20 Oktober 2023 (Rp1.112.000 per gram), dan 21 Oktober 2023 (Rp1.121.000 per gram).

Kenaikan harga emas Antam kali ini dipicu oleh sejumlah faktor, antara lain:

  • Inflasi global yang masih tinggi. Inflasi di Amerika Serikat (AS) pada bulan November 2023 tercatat sebesar 6,8%, tertinggi dalam 39 tahun terakhir. Hal ini mendorong investor untuk mencari aset yang aman, seperti emas.
  • Kekhawatiran akan resesi global. Kekhawatiran akan resesi global juga mendorong investor untuk mencari aset yang aman. Emas dianggap sebagai aset yang aman karena harganya cenderung naik saat terjadi ketidakpastian ekonomi.
  • Kenaikan suku bunga acuan AS. Bank Sentral AS (The Fed) telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak tiga kali pada tahun 2023. Kenaikan suku bunga acuan ini membuat dolar AS menguat, sehingga harga emas menjadi lebih murah bagi investor di luar AS.

Selain itu, kenaikan harga emas Antam kali ini juga turut dipengaruhi oleh faktor internal, yaitu permintaan emas yang meningkat di Indonesia. Hal ini didorong oleh meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi emas, serta kebutuhan emas untuk perhiasan dan industri.

Kenaikan harga emas Antam tentu saja berdampak pada masyarakat Indonesia, terutama mereka yang memiliki tabungan emas atau berencana untuk berinvestasi emas. Kenaikan harga emas ini membuat masyarakat harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk membeli emas.

Namun, bagi masyarakat yang memiliki emas batangan, kenaikan harga emas ini tentu saja merupakan kabar baik. Nilai investasi emas mereka akan meningkat seiring dengan kenaikan harga emas.

Prospek Harga Emas Antam ke Depan

Prospek harga emas Antam ke depan masih belum pasti. Namun, sejumlah analis memperkirakan bahwa harga emas Antam masih akan terus naik di tahun 2024.

Hal ini didorong oleh sejumlah faktor, antara lain:

  • Inflasi global yang masih tinggi. Inflasi global diperkirakan masih akan tinggi di tahun 2024, sehingga investor akan terus mencari aset yang aman, seperti emas.
  • Kekhawatiran akan resesi global. Kekhawatiran akan resesi global juga diperkirakan masih akan berlangsung di tahun 2024, sehingga investor akan terus mencari aset yang aman.
  • Kenaikan suku bunga acuan AS. Bank Sentral AS diperkirakan akan terus menaikkan suku bunga acuan di tahun 2024, sehingga dolar AS akan terus menguat, sehingga harga emas menjadi lebih murah bagi investor di luar AS.

Namun, ada juga analis yang memperkirakan bahwa harga emas Antam akan turun di tahun 2024. Hal ini didorong oleh sejumlah faktor, antara lain:

  • Ekonomi global yang mulai pulih. Ekonomi global diperkirakan akan mulai pulih di tahun 2024, sehingga investor akan mulai beralih dari aset yang aman, seperti emas, ke aset yang lebih berisiko, seperti saham.
  • Kekhawatiran akan resesi global yang mereda. Kekhawatiran akan resesi global diperkirakan akan mereda di tahun 2024, sehingga investor akan mulai beralih dari aset yang aman ke aset yang lebih berisiko.

Hanya waktu yang akan menjawab bagaimana prospek harga emas Antam ke depan. Namun, bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas, sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui risiko dan potensi keuntungannya.(MIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *