SNPMB 2024 Aturan Baru, Peserta Lolos SNMPTN/SBMPTN Fokus di PTN Pilihan

Berita, Pendidikan78 Dilihat

KOARNEWS – Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru SNPMB 2024 Aturan Baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu aturan yang paling mencolok adalah larangan bagi peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi SNBP atau SNBT untuk mendaftar seleksi jalur mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN) mana pun.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri. Aturan ini mulai berlaku pada Seleksi SNPMB 2024 yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

Larangan ini bertujuan untuk meningkatkan daya ungkit seleksi jalur prestasi dan jalur tes. Dengan adanya larangan ini, maka peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi SNBP atau SNBT akan lebih fokus untuk mempersiapkan diri di PTN yang mereka pilih.

Selain itu, larangan ini juga bertujuan untuk menekan angka daftar ulang yang sudah dinyatakan lolos SNBP maupun SNBT. Dalam beberapa tahun terakhir, angka daftar ulang yang sudah dinyatakan lolos SNBP maupun SNBT cukup tinggi.

Hal ini menunjukkan bahwa masih ada peserta yang mendaftar di dua jalur sekaligus, namun akhirnya memilih untuk mendaftar ulang di PTN yang mereka lolos melalui jalur SNBP atau SNBT.

Alasan Aturan Baru SNPMB 2024

Aturan baru SNPMB 2024 ini memiliki sejumlah alasan, di antaranya:

  • Meningkatkan daya ungkit seleksi jalur prestasi dan jalur tes

Larangan bagi peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi SNBP atau SNBT untuk mendaftar seleksi jalur mandiri bertujuan untuk meningkatkan daya ungkit seleksi jalur prestasi dan jalur tes. Dengan adanya larangan ini, maka peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi SNBP atau SNBT akan lebih fokus untuk mempersiapkan diri di PTN yang mereka pilih. Hal ini tentu akan meningkatkan daya saing peserta di PTN tersebut.

  • Meningkatkan kualitas pendidikan tinggi

Dengan adanya larangan ini, maka peserta akan lebih selektif dalam memilih PTN. Peserta akan lebih memilih PTN yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Hal ini tentu akan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

  • Mencegah terjadinya bangku kosong

Dalam beberapa tahun terakhir, angka daftar ulang yang sudah dinyatakan lolos SNBP maupun SNBT cukup tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada peserta yang mendaftar di dua jalur sekaligus, namun akhirnya memilih untuk mendaftar ulang di PTN yang mereka lolos melalui jalur SNBP atau SNBT.

Larangan bagi peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi SNBP atau SNBT untuk mendaftar seleksi jalur mandiri bertujuan untuk mencegah terjadinya bangku kosong di PTN. Dengan adanya larangan ini, maka peserta akan lebih fokus untuk mempersiapkan diri di PTN yang mereka pilih. Hal ini tentu akan mengurangi jumlah peserta yang mendaftar di dua jalur sekaligus, sehingga angka daftar ulang yang sudah dinyatakan lolos SNBP maupun SNBT akan menurun.

Dampak Aturan Baru SNPMB 2024

Aturan baru SNPMB 2024 ini tentu akan berdampak bagi peserta seleksi, baik peserta jalur prestasi maupun jalur tes. Berikut ini adalah beberapa dampak dari aturan baru tersebut:

  • Peserta jalur prestasi dan jalur tes akan lebih fokus untuk mempersiapkan diri di PTN yang mereka pilih.┬áDengan adanya larangan untuk mendaftar seleksi jalur mandiri, maka peserta akan lebih fokus untuk mempersiapkan diri di PTN yang mereka lolos. Hal ini tentu akan meningkatkan daya saing peserta di PTN tersebut.
  • Angka daftar ulang yang sudah dinyatakan lolos SNBP maupun SNBT akan menurun.┬áDengan adanya larangan untuk mendaftar seleksi jalur mandiri, maka peserta yang telah dinyatakan lolos SNBP maupun SNBT akan lebih selektif dalam memilih PTN. Hal ini tentu akan mengurangi jumlah peserta yang mendaftar di dua jalur sekaligus, sehingga angka daftar ulang yang sudah dinyatakan lolos SNBP maupun SNBT akan menurun.
  • Peluang peserta yang belum lolos SNBP atau SNBT untuk lolos seleksi jalur mandiri akan meningkat.┬áDengan adanya larangan untuk mendaftar seleksi jalur mandiri bagi peserta yang telah dinyatakan lolos SNBP atau SNBT, maka peluang peserta yang belum lolos SNBP atau SNBT untuk lolos seleksi jalur mandiri akan meningkat. Hal ini karena jumlah peserta yang mendaftar seleksi jalur mandiri akan berkurang.

Aturan baru SNPMB 2024 ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Dengan adanya aturan ini, maka peserta akan lebih selektif dalam memilih PTN dan akan lebih fokus untuk mempersiapkan diri di PTN tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar