Beranda Artikel Terkait DUMAS Aliansi BINSU “Dinas Kehutanan Sumut Katakan CV. Mutiara Batang Toru...

Terkait DUMAS Aliansi BINSU “Dinas Kehutanan Sumut Katakan CV. Mutiara Batang Toru Belum Kantongi Ijin

108
0

SUMUT,’-KOARNEWS.COM,- MEDAN 24 – JUNI – 2021

Aliansi Barisan Intelektual Sumatra Utara (BINSU) Melayangkan Dumas atas informasi aduan masyarakat terkait kegiatan Ilegal loging yang dilakukan CV. Mutiara Batang Toru di Desa sianggunan, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas, Tapanuli Bagian Selatan Sumatra Utara.

Bahwa Masyarakat setempat meminta Advokasi Hukum kepada BINSU untuk menindaklajuti atas keresahan masyarakat dengan ada’nya kegiatan Ilegal loging di desa tersebut, Masyarakat menganggap Pembalakan Liar yang diduga merusak Hutan Lindung bahkan Cagar Budaya seperti Bangunan Candi yang bersejarah di daerah tersebut.

Hal ini yang menjadi alasan kuat Aliansi BINSU melakukan unjuk rasa ke Polda Sumatra Utara dan Ke dinas Kehutanan Propinsi Sumatra Utara yang berada di jalan Sisingamangaraja Medan pada Senin (21/Juni/2021) beberapa waktu yang lalu.

Bahkan pada Selasa (22/Juni/2021) Aliansi BINSU juga melayangkan Dumas ke beberapa pihak terkait untuk mencari keadailan, seperti Polisi kehutanan Sumut, DPRD Provinsi Sumatera utara dan KajatiSu .

Atas Informasi ini kami awak media menindaklanjuti ke Dinas Kehutanan Propinsi Sumatra Utara pada Kamis (24/Juni/2021) guna meminta konfirmasi lebih lanjut prihal kasus tersebut.

Dugaan masyarakat tersebut ternyata bukan hanya hisapan jempol belaka, bahwa benar CV. Mutiara Batang Toru belum memiliki ijin melakukan kegiatan Ilegal logging seperti yang dijelaskan Kabid Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Propinsi Sumatra Utara Bapak Anas Y Lubis kepada media pada Kamis (24/Juni/2021) pukul 10:00 wib di kantor Dinas’nya.

Dijelaskan Anas Y Lubis bahwa saat ini kami telah mendapat perintah untuk membentuk Tim guna meng’investigasi kasus ini dilapangan agar dapat memastikan titik kordianat mana yang terkena oleh kegiatan yang dilakukan CV. Mutiara Batang Toru apakah jona HPL, BKSM, Atau HLHP,, akan kami telusuri untuk menindaklajuti’nya bang ujar Kabid Perlindungan Hutan Propinsi Sumatra Utara pada media.

Terpisah awak media meminta tanggapan Zainal Sinambela selaku Putra Daerah yang kerap menyoroti kasus ini, menurut’nya apa yang di sampaikan Dinas Kehutanan Propinsi Sumatra Utara sudah jelas dan terang bahwa CV. Mutiara Batang Toru tidak memiliki ijin dalam melakukan aktifitas Ilegal logging di sana, harus’nya ini bisa di pidanakan sesuai aturan yang berlaku.

Bung Zainal S juga menambahkan bahwa kami terus mendukung Aksi dari kawan Aliansi BINSU yang memperjuangkan harapan masyarakat di sana agar Dinas terkait bisa memberikan tindakan tegas sebagaimana harus’nya
dan tak lupa dalam hal ini saya juga berharap pihak Pemerintah Propinsi Kabupaten maupun Daerah yang ada disana untuk bertindak cepat sebelum terlambat, pungkas Zainal Sinambela pada siaran pers’nya. (team red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here